Disiplin


By: yudho Outbound Malang

Setiap bangsa dikenal karena wataknya yang berbeda-beda. Bangsa jepang dikenal kebersihannya. Orang china dikenal kerajinannya. Orang inggris dikenal sikap percaya diri yang sangat tebal. Orang Belanda dikenal teliti. Orang Indonesia dikenal sabar dalam menderita. Orang Jerman dikenal suka model militer dan disiplin tinggi.

Ada beda mencolok antara orang Indonesia dengan orang negara lain. Bangsa kita dikenal sabar menderita. Sedang negara lain dikenal disiplin,rajin,teliti dll. Sebenarnya sabar dalam menderita itu penting, tetapi itu saja tidak cukup. Kita masih perlu melatih diri menjadi orang yang berdisiplin tinggi, rajin, teliti.

Kebiasaan kita yang terus menerus berbuat baik atau jelek berubah menjadi kebutuhan. Demikian juga dengan disiplin,rajin apabila sudah sering dikerjakan, maka akan menjadi kebutuhan.

Artinya, kalau tidak melakukan disiplin, dia merasa ada sesuatu yang belum lengkap atau hilang pada dirinya sehingga muncul dorongan untuk berbuat disiplin.

Prinsip yang harus dimiliki orang sukses adalah mereka yang mempunyai disiplin tinggi,rajin dan teliti. Ini merupakan kebalikan dari pribadi rendahan, kalau ada acara selalu datang terlambat, pulang kantor sebelum waktunya, kalau diberi tugas tidak tepat waktu, banyak melakukan penyimpangan, dan suka melanggar aturan. Ia menganggap disiplin sebagai siksaan sehingga terasa berat melaksanakannya. Pupuklah rasa disiplin pribadi masing-masing dari kita karena kita adalah orang sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*