Taqwa


Segala sesuatu kalau mau sukses, kita harus bertaqwa. Karena segala sesuatunya harus dikembalikan kepada Allah SWT.

Kata taqwa sendiri berasal dari rumpun kata waqoyyah, yang artinya memelihara. Yaitu memelihara hubungan yang baik dengan Tuhan. Menjaga diri agar tidak terperosok pada perbuatan yang tidak diridhoi Allah. Memelihara segala perintah-Nya dan menjalankannya sebaik mungkin.

Taqwa kurang tepat jika hanya diartikan dengan kata takut saja. Sebab dalam taqwa sendiri terkandung makna yang sangat luas. Dalam kata tersebut ada iman, cinta, kasih, harap, cemas, tawakkal, ridho, sabar, dan sikap lain. Inti dari Taqwa adalah menjalin hubungan vertikal dan hubungan horizontal. Yaitu menjaga hubungan baik dengan sesama manusia dan menjaga baik hubungan dengan Allah sang pencipta.

Pribadi yang sukses paham, tujuan diciptakan manusia untuk beribadah. Ibadah selain sholat, zakat, puasa, dan haji adalah menjalankan seluruh aktivitas dalam kehidupan. Jadi setiap perbuatan yang kita kerjakan seharusnya bernilai ibadah.

Orang sukses harus selalu meletakkan niat pada setiap aktivitasnya agar bernilai ibadah. Kecerdasan spiritual itu memiliki dampak yang besar. Yaitu tumbuhnya semangat kerja, tidak mudah putus asa, ada rasa malu, memiliki rasa tanggungjawab, dan IKHLAS.

Setiap langkah orang sukses selalu terkontrol. Setiap perbuatan selalu dikaitkan dengan nilai ibadah.

Hendaklah kita mawas diri agar selalu terlindungi di jalan-NYA. Ingat kepada Allah SWT selalu terjaga, sehingga langkah dan geraknya selalu terbimbing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*