Sedikit-Sedikit Lama-Lama Jadi Bukit

Pepatah ini sederhana saja,”sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit”. Kita bisa memakanainya, bahwa bila kita mengumpulkan sen demi sen, pada saatnya kita akan mendapatkan sepundi. Namun sesungguhnya pepatah ini tak sekedar berbicara tentang hidup hemat atau ketekunan menabung.

Pepatah ini menyiratkan tentang sesuatu yang lebih berharga dari sekantung keping uang, yaitu bila kita mampu mengumpulkan kebaikan dalam setiap tindakan-tindakan kecil kita, maka yang kita dapati adalah kebesaran jiwa kita.

Bagaimana tindakan-tindakan kecil kita itu mencerminkan jiwa sang pemiliknya?Yaitu bila disertai dengan secercah kasih sayang di dalamnya. Ucapan terima kasih, sesungging senyum, sapaan ramah atau pelukan bersahabat, adalah tindakan yang mungkin sepele saja. Namun dalam liputan kasih sayang ia jauh lebih tinggi daripada bukit tabungan anda.

Maka dari itu sebuah sifat memang harus diawali dari yang kecil dahulu,sedikit-sedikit hingga kemudian terakumulasi menjadi sebuah karakter yang kuat. Semua hal tidak selalu instan ada proses di dalamnya,dengan memaknai proses lebih dalam akan menghasilkan kekuatan yang lebih dahsyat. Seperti pepatah di atas, “sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*