Inisiatif dan Kreatif


By: yudho

Kaya akan inisiatif dan kreatif adalah dua kelebihan dari orang sukses. Dengan adanya dua potensi ini, seseorang akan tampak berbeda dari orang lain. Orang yang kaya inisiatif, tampak cepat merespon sesuatu. Kalau merencanakan sesuatu tidak berlama-lama mengernyitkan dahi.

Sebaliknya, orang yang “miskin” inisiatif, biasanya berfikir lambat. Bicaranya ha..he… ha.. he.. atau em… em…em.. Orang lain bosan menunggu ide apa yang akan disampaikan, atau gagasan apa yang bakal disampaikan. Ternyata datar saja, tidak terlalu berbobot.

Orang yang kaya inisiatif, berfikirnya cekatan. Cepat menarik hubungan antara satu hal dengan hal yang lain. Ini menjadi ukuran seseorang pintar atau tidak oleh orang lain. Dalam soal kecil, misalnya bagaimana menata ruang kerja. Orang kaya inisiatif bisa menempatkan peralatan  kantor secara tepat, sehingga suasana tersebut lebih mengenakkan suasana kerja. Begitu juga dalam hal lain, selalu tepat, benar, dan cepat.

Dia juga kreatif. Bukan sekedar banyak ide, tetapi juga tepat sasaran dan memang dibutuhkan. Orang demikian selalu ditunggu orang lain. Kalau dia tidak datang dalam suatu acara, orang merasa ganjil, ada yang kurang. Kalau dia berada di forum itu, kehadirannya menggenapkan karena idenya selalu muncul.

Kaya inisiatif sejalan dengan kreatif. Keduanya tidak terpisah. Kedua potensi ini dapat dilatih, dipupuk dan dikembangkan. Mereka yang membiarkan kedua potensi berjalan alami, pertumbuhannya lambat sehingga terkesan apa adanya dan tidak punya kreasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*