Tips Menciptakan Budaya Perusahaan yang Menyenangkan

Sebuah perusahaan tergabung dari beberapa individu yang beragam kemampuannya namun saling melengkapi. Perusahaan akan mampu tumbuh dengan baik ketika mereka memiliki sebuah pondasi yang kuat. Pondasi ini bukan hanya berupa modal, relasi atau pelanggan, melainkan juga dari dalam perusahaan itu sendiri, yaitu budaya perusahaan. Budaya perusahaan memberikan kekuatan bagi perusahaan dan setiap yang ada didalamnya untuk bersama-sama tumbuh dan mencapai sukses. Ada yang bilang jika budaya perusahaan akan membuat karyawan terkekang dan merasa bosan ketika menjalankannya. Namun ada juga yang berpendapat dan memberikan tips membentuk budaya perusahaan yang menyenangkan dan mudah untuk dijalani oleh semua aspek perusahaan. Lalu apa saja tipsnya? Ini dia:

1. Memimpin dengan contoh

Untuk menjadi seorang pemimpin yang disegani oleh bawahan, dan untuk menciptakan sebuah budaya perusahaan yang lebih menyenangkan dan mudah untuk dijadikan kebiasaan, ada baiknya kita memimpin dengan menerapkan sistem memberikan contoh kepada karyawan. Tidak ada bukan yang melarang adanya kedekatan dan keakraban antara karyawan dengan atasannya? Terlebih untuk menumbuhkan sebuah rasa saling memiliki antara atasan, karyawan dan juga perusahaan. Karyawan akan mudah dipimpin dengan mencontoh apa yang atasan mereka lakukan. Mereka akan cenderung meniru dan mengambil setiap kegiatan positif yang dikerjakan atasannya. Hingga kemudian mereka menjadikan ini sebagai sebuah kebiasaan yang akan menciptakan budaya perusahaan.

2. Jangan bingung antara keseriusan dengan kesungguhan

Ada kalanya ketika karyawan mulai merasa stress dengan pekerjaan mereka, mereka akan saling bergurau atau membicarakan lelucon ringan hingga tertawa. Hal ini mereka lakukan untuk menghilangkan stress dengan pekerjaan yang menyelimuti mereka. Namun jangan takut karyawan Anda tidak serius dengan setiap pekerjaan yang mereka kerjakan, karena mereka banyak tertawa dengan sesama karyawan. Mungkin Anda bisa mulai membedakan antara keseriusan dan kesungguhan mereka dalam menyelesaikan setiap tugas yang ada. Cobalah untuk menerapkan kesan serius tapi santai di dalam lingkungan kerja. Ini akan membantu karyawan Anda untuk tidak mudah stress dan bosan saat bekerja. Karena kita tidak pernah tahu bukan, saat mereka saling tertawa dan bercanda akan ada obrolan yang menciptakan ide-ide baru untuk bisnis Anda. Dan jangan biarkan mereka terlalu sering takut untuk berperilaku, hingga akhirnya hilang fokus untuk menemukan sebuah solusi permasalahan.

3. Mengevaluasi kebahagiaan serta kinerja

Setiap dari perusahaan akan menginginkan kinerja terbaik dari karyawan mereka. Sekalipun mereka tahu pekerjaan yang sedang diberikan adalah pekerjaan yang tidak mudah. Tapi cobalah untuk memberikan kesempatan evaluasi bagi karyawan Anda. Beri mereka waktu untuk mengevaluasi waktu kerja mereka, hasil kerja mereka serta kebahagiaan mereka saat atau tidak sedang bekerja. Anda bisa mengajak mereka untuk mengevaluasi pekerjaan mereka dalam suatu diskusi sederhana. Diskusi ini akan menciptakan keakraban antara Anda dengan karyawan Anda. Terlebih saat mereka percaya untuk menceritakan hal yang membebani mereka dan berharap Anda memberikan mereka solusi atas masalah yang mereka hadapi.

4. Optimis

Selalu terapkan semangat dan rasa optimis diantara Anda dengan karyawan dan antar sesama karyawan. Karena setiap salah satu dari nyawa perusahaan kita mulai lelah dan berfikir untuk menyerah, ini akan berdampak buruk untuk kelangsungan bisnis kita. Ajaklah karyawan Anda untuk merefresh pikiran mereka beberapa waktu sekali, untuk menumbuhkan kembali rasa optimis dan semangat yang sebelumnya pernah hilang.

5. Merayakan keberhasilan

Setiap keberhasilan yang diberikan oleh karyawan Anda adalah keberhasilan juga bagi bisnis Anda. Jangan sungkan untuk memberikan sebuah pujian atau merayakan sebuah keberhasilan yang dihasilkan oleh karyawan atau bisnis Anda. Berhasil atau tidaknya bisnis Anda bergantung pada kerja keras karyawan Anda. Untuk itu, mereka memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghargaan atas apa yang mereka capai. Dan ini juga yang nantinya akan menimbulkan sebuah budaya perusahaan yang menyenangkan bagi Anda, karyawan dan perusahaan Anda.

6. Hilangkan pengaruh negatif dengan cepat

Hidup dan tumbuh di lingkungan sosial tentu tidak akan terlepas dari yang namanya konflik dan perilaku negatif antar manusia. Begitupula dengan lingkungan pekerjaan. Adanya gosip menggosip, politik internal dan lain sebagainya yang dapat merusak kekompakan tim Anda, sebaiknya segera dihentikan. Ini akan berpengaruh negatif bagi perkembangan bisnis Anda. Hal ini juga berlaku saat Anda kedatangan seorang karyawan baru di perusahaan Anda. Anda bisa mengevaluasi mereka, mulai dari cara mereka berinteraksi dengan rekan kerja pada timnya, atau yang lainnya. Jangan biarkan ada ketegangan ataupun selisih paham yang berkepanjangan antara sesama karyawan Anda. Segera atasi setiap masalah yang bisa mengancam rusaknya kekompakan tim Anda.

instansi atau perusahaan anda mau pemasangan highrope seperti flyingfox, two line bridge, spydernet, jembatan V ataupun mengadakan outbound training , paralayang, rafting , gathering ataupun paintball. Outbound training dengan konsep team building, leadership, training indoor ataupun hypnoterapy percayakan pada kami executive adventure outbound malang.
info lebih lanjut bisa menghubungi kami di setiap kegiatan kita https://www.facebook.com/outbound.malang
mau mengadakan outbound di Malang ?? jangan ragu hubungi kami di 081 2333 42 777

email:marketing@outboundmalang.com

web : www.outboundmalang.com

www.facebook.com/outbound.malang

Kepuasan anda adalah Harapan Kami……

Anda juga bisa mengunjungi kami di :

www.outboundgames.com

www.wisataoutboundanak.com

www.kasembon-rafting.com

www.outboundkita.com

www.raftingbatu.com

www.kasembonrafting.com

www.alatoutbound.com

www.flyingfoxindonesia.com

www.theexploreindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*