Riddle


By: yudho Outbound Malang

Games ini bisa dimainkan di dalam ruangan (indoor) maupun di luar ruangan (outdoor) training

Seluruh peserta outbound di Malang diberikan sebuah kuis berupa pertanyaan yang berbentuk riddle (sekali dibacakan dan tidak bisa diulangi lagi), peserta yang dapat menjawab pertanyaan paling banyak dengan benar adalah pemenangnya.

Tujuan permainan :

  • Menunjukkan pengaruh persepsi oleh pemikiran umum mengakibatkan pemikiran negatif atau bias dari kenyataan sebenarnya.
  • Melatih konsentrasi
  • Melatih IQ

Cara permainan :

Instruktur/fasilitator menyiapkan 5 buah pertanyaan dalam bentuk riddle. Tidak ada pilihan, semua peserta harus konsentrasi penuh agar bisa menjawab pertanyaan tersebut. Masing-masing soal hanya butuh waktu 20 detik untuk menjawab.

Kelima pertanyaan itu adalah :

  1. Ketika memasuki sebuah gudang tua di bawah tanah. Seorang ibu hanya membawa korek api untuk membuat penerangan, karena tidak ada lampu disana. Ia menjumpai tiga buah benda untuk membantu mebuat api : kertas agak sedikit basah pinggirnya, kayu tipis kering, dan secarik kain yang kering. Mana yang akan dinyalakan terlebih dahulu??
  2. Seorang ayah sedang jalan-jalan naik mobil dengan anaknya yang masih berusia 5 tahun. Tiba-tiba ditikungan ada sapi menyeberang dan ia tidak bisa mengendalikan mobil sehingga bagian sebelah kiri mobil menabrak pohon. Si anak pingsan dan luka hingga berdarah di pelipisnya. Ia segera dilarikan ke rumah sakit terdekat, langsung menuju instalasi gawat darurat. Sampai disana ada seorang dokter  dan suster yang membantu membopong anak kecil itu. Tiba-tiba dokter langsung berteriak keras “ Oh, anakku!” mengapa dokter itu berkata demikian???
  3. Seorang tamu yang baru  datang di penginapan, dipinggir kota pada jam 18.00. ketika dikamar melihat  jam weker manual yang sudah lama. Ia ingin sekali dibangunkan jam 07.00 pagi. Ketika jam berdering dan membangunkkannya, berapa jam ia istirahat?
  4. Sepasang mempelai yang sudah 35 tahun menikah tampak bahagia ketika di poto bersama. Hari ini istrinya merayakan hari ualng tahunnya yang ke 53. Siapa yang lebih sering berulang tahun?? Seorang pria atau wanita??
  5. Dll…… pertanyaan berbentuk riddle bisa anda kreasikan sendiri.

Mau tahu jawaban dari keempat pertanyaan di atas? . Wah sepertinya anda harus memikirkan dulu, kalau tidak bisa menjawab, silahkan request kuncinya ke manajemen kami www.outboundgames.com

One thought on “Riddle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*