Perbedaan dan Kelebihan Outbound Training

Outbound training berbeda dengan kegiatan-kegiatan atau permainan lainnya yang biasa kita temukan. Kegiatan dalam outbound training tidak hanya sekedar permainan yang jenaka dan menyenangkan, tetapi sebuah kegiatan yang dirancang dengan konsep – konsep tertentu yang di dalamnya dapat memberikan manfaat-manfaat tertentu, yang terkait atau tujuan-tujuan yang ingin dicapai seperti rencana sebelumnya.

Kegiatan dalam outbound training bukanlah permainan yang dilakukan secara sembarangan tanpa memperhatikan konsep yang jelas. Perbedaan yang paling mencolok ialah outbound training ini mempunyai persiapan-persiapan yang matang jauh hari sebelum dilakukan, bukanlah suatu permainan yang asal tetapi sebuah kegiatan permainan yang terencana. Permainan dalam outbound training harus mempunyai tujuan yang jelas agar kegiatan yang dirancang memberikan kontribusi yang positif pula. Dalam training outbound kita mendapatkan 4 hal yang tidak di dapatkan dalam kegiatan/permainan lainnya yaitu sebagai berikut

1. Pembentukan Pengalaman ( Experience )

Peserta di libatkan dalam suatu kegiatan atau permainan bersama dengan orang lain. Kegiatan/ permainan ini adalah salah satu bentuk pemberian pengalaman secara langsung kepada para peserta pelatihan. Pengalaman langsung itu akan dijadikan wahana untuk menimbulkan pengalaman intelektual, emosional dan pengalaman yang bersifat fisikal.

2. Perenungan Pengalaman ( Reflect )

Kegiatan reflect ini bertujuan untuk memproses pengalaman yang telah diperoleh dari kegiatan yang telah dilakukan. Dalam tahapan ini, fasilitator berusaha untuk merangsang para peserta untuk menyampaikan pengalaman pribadi masing-masing setelah terlibat dalam kegiatan tersebut.

3. Pembentukan Konsep ( Form Concept )

Para peserta outbound mencari makna dari pengalaman intelektual, emosional dan fisikal yang di peroleh dari keterlibatan dalam kegiatan outbound, seperti pengalaman apakah yang ditangkap dari suatu permainan ? apa arti permainan tersebut bagi kehidupan pribadi ataupun dalam berhubungan dengan orang lain?

4. Pengujian Konsep ( Test Concept )

Peserta kali ini diajak untuk merenungkan dan mendiskusikan sejauh mana konsep yang sudah terbentuk dalam kegiatan outbound dan apakah bisa di terapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat, di kantor atau di mana saja.

Outbound training ini mempunyai tujuan tertentu yang bersifat edukatif, inspiratif, motivatif dan sebagainya tergantung visi yang akan dicapai dari program kegiatan pelatihan outbound tersebut.

Nah, apakah anda sudah siap melakukan kegiatan outbound training bersama kami, sebuah provider outbound training di malang. Silahkan hubungi kami. Kami akan siap melayani anda 24 jam.

atau bisa hubungi kami di :

Mobile : 081233342777

Atau bisa kunjungi kami di :

www.outboundmalang.com

www.kasembon-rafting.com

www.outboundgames.com

www.alatoutbound.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*