Mengintip Sisi Lain Sumber Sirah Gondanglegi

Bercerita seputar Kota Malang sebuah kota yang tak perlu lagi saya deskripsikan bukan??

banyak sekali tujuan wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di malang.

Nah, kali ini kita beranjak menuju kabupaten malang.

SUMBER SIRAH namanya yach sebuah nama yang mungkin terdengar asing di telinga kita, terletak di desa sumber jaya kecamatan gondanglegi kabupaten malang.

theexplorerindonesia

Sebuah sumber air dengan pemandangan yang begitu sangat alami. Airnya yang sangat jernih dan di dasar sumber air ini ada tanaman tanaman kecil sejenis ganggang yang berwarna hijau dengan pasir hitam halus, batu-bebatuan kecil dan dihiasi ikan-ikan kecil.Sebelum sampai di sumber sirah ini kalian bisa tengok ke sekeliling terlihat hamparan kebun tebu dan kelapa milik warga sekitar.

Dikarenakan jernihnya air di sumber sirah ini, ketika kita masih di permukaan tumbuhan-tumbuhan ganggang kecil dan ikan ikan kecil terlihat sangat jelas dari permukaan. Karena kejernihan airnya sehingga refleksi diatas air tidak terlihat.

Sungguh sebuah pemandangan yang tak ingin terlewatkan begitu saja.

‘’wah, jernih sekali airnya ingin rasanya segera menikmati dinginya air dan keelokan bawah airnya’’ gumam saya.

Dengan kedalaman hanya sekitar 80 cm -1,5 meter kita bisa puas bermain dan berenang disumber sirah ini.Tidak disarankan untuk lompat dari atas berbahaya karena terlalu dangkal.

theexploreindonesia

Nah, kita juga harus lebih berhati-hati untuk berenang di sumber sirah ini, dikarenakan tanaman ganggang ini begitu sangat mudah patah dan terlepas dari dasar. Nah, karena dasarnya pun pasir jika kita terlalu banyak bergerak airnya pun akan menjadi keruh.

Jika ingin berkunjung ke sumber sirah ini dari arah malang, kalian bisa mengambil arah bululawang setelah itu kalian bisa menuju arah pabrik gula krebet dengan mengambil arah lurus dan disana nanti kalian akan menemui pabrik pioneer. setelah pabrik pioneer kalian bisa menenggok sebelah kanan jalan, ada sebuah pertigaan pertama dan setelahnya lagi ada pertigaan ke dua nah disitu kalian bisa berbelok ke kanan Memasuki gerbang kecil,  Karena tidak ada petunjuk jalan yang jelas, maka disarankan untuk berjalan pelan-pelan agar tidak terlewat ketika masuk ke gang sumber sirah ini.Setelah masuk gang kalian bisa mengikuti jalan lurus sampai nanti jalan tersebut menyempit dan hanya tanah-tanah, paving-paving dan hanya bisa digunakan dengan sepeda motor ataupun sepeda pancal.

Sumbersirahmlg

Disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua untuk bisa langsung menuju lokasi, namun jika menggunakan mobil kalian bisa parkir di rumah warga ya, sekitar 200 meter sebelum lokasi sumber sirah ini.

Nah jika musim hujan jalanan menuju sumber sirah ini sangat licin karena jalanan bercampur lumpur dan paving jalan yang sudah berlumut.

sumbersirahtheexploreindonesia

Disana tidak ada fasilitas umum seperti toilet ataupun tempat ganti. Disana hanya ada orang yang berjualan minuman dan penyewaan ban saja. Tidak dikenakan biaya sepersen pun untuk berenang di sumber sirah ini , namun jika menyewa ban kita akan ditarik dengan harga 2000 untuk anak-anak dan 3000 untuk orang dewasa. Ya maklum karena lokasi nya pun di pedesaan, yang mungkin awalnya dianggap biasa saja untuk warga sekitar yang biasanya digunakan untuk pengairan dan untuk tempat mandi warga sekitar.Namun jika dikelola sangat baik sangat memungkinkan untuk dijadikan tujuan wisata yang cukup memukau.

Karena kecantikan sumber sirah ini baru terdengar di kalangan para penikmat alam khususnya di kota malang, alangkah baiknya kita sebagai warga yang baik ikut menjaga kelestarian alamnya.

Terkadang kita tidak pernah sadar bahwa sesuatu yang sangat memukau itu berada di sekeliling kita.

STOP AWHILE TO SEE , EXPLORE AND TAKE CARE OF WHAT AROUND US.

sumbersirahh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*