Leadership (kepemimpinan), dalam outbound training


By: yudho

Sukses sebuah organisasi sangat tergantung dari kemampuan si pemimpin dalam menggerakkan seluruh anggota perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Para manajer selaku pemimpin di dalam perusahaan dewasa ini menghadapi banyak tantangan baru. Mereka harus mampu menjadi pemimpin transformasional yang mampu menggerakkan para pengikut agar memiliki motivasi tinggi mewujudkan cita-cita ideal perusahaan. Mereka harus mampu mendorong anak buah mereka untuk memunculkan seluruh motivasi insani yang ada agar menimbulkan kinerja yang bernilai tinggi dan jauh melebihi ekspektasi perusahaan. Sebaliknya, seorang manajes juga harus mampu meningkatkan kesejahteraan anak buah mereka, sehingga mereka semua akan memperolah bagian yang adil dari usaha dan jerih payah keringat mereka. Para manajer sebagai leader juga harus mampu menghadapi masalah dunia bisnis yang semakin kompleks. Harus mampu mempertemukan kepentingan banyak pihak.

Dalam pelatihan outbound training, setiap individu peserta outbound dipicu untuk belajar menjadi seorang pemimpin (leader). Peserta outbound training juga diajak untuk berusaha menciptakan pengetahuan baru yang bersumber dari pengetahuan yang berbeda-beda. Peserta outbound training  juga diajak agar berusaha menjadi pemimpin yang sinergistik.

Pada saat ini, dunia kerja menjadi semakin kompleks. Jika dulu setiap karyawan dapat bekerja secara individu berdasarkan petunjuk yang baku, maka kini dalam suatu pekerjaan diperlukan kontribusi dari suatu tim kerja (team work) yang bekerja secara terpadu. Suatu tim kerja yang efektif memerlukan pemimpin yang tepat yang mampu memadukan kompetensi individual dari masing-masing anggota team menjadi kompetensi team yang sinergik dan berkualitas.

Pemimpin (leader) yang sinergik perlu memahami tatakrama dan budaya kerja yang berlaku diperusahaannya dan mampu mengambil tindakan yang tepat untuk memfasilitasi komunikasi intra dan antar tim yang serasi sesuai dengan tatakrama dan budaya kerja perusahaan team tersebut berada.

Pemimpin di dalam era perubahan lingkungan bisnis yang sangat cepat ini harus memiliki kompetensi sebagai berikut :

  1. Memahami lingkungan dunia bisnis yang kompleks, dinamik dan penuh perubahan
  2. Kerja dalam tim, kolaburasi, dan aliansi strategik
  3. Memahami perbedaan dapat menjadi sumber inovasi
  4. Memahami peran kepemimpinan
  5. Memahami fungsi komunikasi dalam proses interaksi yang sinergik
  6. Memahami proses penyelarasan yang sinergik
  7. Memahami iklim kerja yang transformasional
  8. Memahami makna dan hakekat aliansi strategik.

Dalam kegiatan outbound training, untuk melatih jiwa leadership peserta outbound training sangat diperlukan, hal ini hanya akan berhasil bila kegiatan outbound training dilakukan oleh lembaga professional, dengan fasilitator yang berpengalaman dan tahapan-tahapan dalam kegiatan outbound benar-benar dilaksanakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*