Kualitas dari Seorang Pemimpin

Seorang pemimpin harus memiliki kualitas mutu yang baik untuk menjalankan kepemimpinannnya. Salah satu ciri-ciri seorang pemimpin yang berkualitas sebagai berikut

1. Mempunyai Visi

Seorang pemimpin harus dan mutlak punya visi. Kalau tidak, lantas kemana perusahaan akan diarahkan. Visi mutlak memiliki sifat yang menginspirasi bagi karyawannnya, sehingga ada greget dan karyawan tau ke mana mereka menuju dan bagaimana cara mencapainya dan kapan pencapaian itu harus terlaksana. Sebuah visi paling tidak harus ada ide yang jelas dan terukur, tingkat pencapaian dan waktu untuk mencapainya.

2. Keberanian

Keberanian berbicara, keberanian mengambil inisiatif dan bertindak, keberanian membuka dan mengambil kesempatan, keberanian menghadapi resiko harus menjadi menu bagian seorang pemimpin dalam menjalankan kepemimpinannnya.

3. Integritas

Satunya perkataan dan perbuatan. Kalau sampai seorang pemimpin berbohong, berpura-pura baik, ternyata buruk, lantas apa jadinya? Sikap ini tidak akan hanya merugikan kepemimpinannnya, namun juga akan merugikan anak buah, dan terlebih lagi cepat atau lambat akan merugikan perusahaan yang dipimpin.

4. Rendah hati

Rendah hati tidak berarti kelemahan atau kesangsian atas diri sendiri. Akan tetapi darinya tersirat adanya self-confidence dan self awareness dalam mengenali nilai-nilai yang ada pada orang-orang lain di sekitarnya, menerima bahwa seorang pemimpin juga bisa salah. Sikap rendah hati dapat diibaratkan sebagai seorang yang hanya ‘’melihat pada cermin, akan tetapi melihat keluar jendela’’ maksudnya melihat cermin bisa-bisa sebagai seorang yang narsis, sementara mengenali permasalahan di luar sana, di luar dirinya.

5. Melihat jauh ke depan

Seorang pemimpin harus memiliki pemikiran yang strategis dalam arti mampu melihat jauh ke depan dan dapat mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi dalam perjalanan perusahaan ke depan. Kemampuan melihat tren dalam produk dan layanan yang dihasilkan dalam situasi kompetisi yang ketat akan memungkinkan perusahaan memenangkan persaingan.oleh karena itu, seorang pemimpin yang memiliki pandangan jauh ke depan akan mendapatkan’’ the first mover advantage’’ dalam gerak langkahnya.

6. Fokus , fokus dan fokus

Sesuatu hal yang paling esensial adalah bahwa seorang pemimpin harus mampu tetap fokus kepada tujuan dan sumber-sumber kekuatan pada dirinya dan yang dimiliki perusahaan. Dengan begitu seorang pemimpin harus mengenal kekuatan diri, kekuatan pada karyawan, dan kekuatan yang dimilliki oleh perusahaan, baik dalam hal finansial, perangkat kerja, maupun metode kerja yang tersedia.

7. Kooperatif

Kemampuan seorang pemimpin untuk menarik minat orang-orang yang menjadi bawahannya untuk bekerja dan bekerja sama dengan orang-orang lain sungguh penting untuk menuju kesuksesan. Kuncinya adalah kemampuan memilih orang-orang yang siap untuk berkomitmen dalam bekerja sepenuh hati satu sama lain. Seorang pemimpin jangan bekerja sendiri, tetapi dapatkan orang-orang yang lain untuk bekerja melakukan sesuatu tugas bersama. Perusahaan yang terbaik, harus memiliki pemimpin yang terbaik.

dengan beroutbound, tentunya banyak hal-hal baru yang bisa mengasah jiwa leadership/kepimpinan anda sehingga semua kegiatan di training outbound bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari anda menjadikan sebuah team yang memiliki visi dan misi yang sejalan.

mau mengadakan outbound di malang ?

jangan ragu hubungi kami hanya di www.outboundgames.com

atau di mobile 081 2 333 42 777

kunjungi website kami lainnya di

www.alatoutbound.com

www.kasembon-rafting.com

www.outboundmalang.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*