Kapan dan Haruskah Anda Bekerja Secara Gratis

Kapan dan Haruskah Anda Bekerja Secara Gratis

KERJA GRATIS, BENAR ATAU SALAH?

Pernakah Anda melakukan pekerjaan dengan gratis? Mungkin untuk keluarga atau teman Anda, itu sering Anda lakukan. Tapi untuk orang yang baru Anda kenal? klien? Beberapa orang jika mendengar kata ini, akan langsung berpikir negatif dan menolak pekerjaan tersebut. Memang, prinsip kerja setiap orang itu berbeda dan tentunya kerja gratis mungkin menentang prinsip mereka atau bahkan Anda, hal itu tidak salah.

Internship atau magang, jika Anda pernah mengalami hal ini, maka Anda mungkin tahu bagaimana rasanya bekerja keras tanpa dibayar. Tapi tidak semuanya seperti itu, ada perusahaan yang membayar para intern ini, walaupun lebih kecil dari taraf biasanya. Walaupun mereka masih intern atau tenaga magang, mereka tetap bekerja dalam waktu penuh, kebanyakan hanya mendapat uang makan. Hal ini dianggap sepadan dengan pengalaman yang mereka dapat karena mereka tidak mempunyai pengalaman apa-apa. Jadi, apakah kerja gratis itu benar atau salah? Semua itu tergantung dari diri Anda dan tempat Anda bekerja.

ALASAN BEKERJA SECARA GRATIS

Tapi ada banyak alasan mengapa Anda terkadang harus mempertimbangkan hal ini, selain dari berbuat baik tentunya. Terkadang melakukan pekerjaan dengan gratis dapat membantu kesuksesan karir Anda, apalagi kalau kebutuhan dasar seperti makan, listrik dan tagihan lainnya masih dapat Anda penuhi walaupun Anda bekerja secara gratis. Hal ini terkadang dapat membantu Anda dalam finansial Anda ke depannya. Berikut beberapa alasan mengapa dan kapan Anda harus mempertimbangkan bekerja gratis.

JARINGAN SOSIAL DAN KONEKSI KE ORANG-ORANG TERBAIK DI BIDANGNYA

Banyak pekerjaan akademis dan nonprofit yang melakukan hal ini. Biasanya pekerjaan oleh organisasi nonprofit mengharuskan Anda bertemu dengan orang-orang yang telah sukses di bidangnya. Anda mungkin harus membelikan minuman atau makanan untuk orang tersebut dan Anda tidak dibayar untuk hal itu, melainkan dengan uang Anda sendiri. Hal ini juga biasa terjadi pada saat Anda harus mengajak keliling orang-orang ternama atau turis-turis di sebuah wilayah, Anda mungkin dibayar, tapi hanya dalam jumlah yang kecil, padahal Anda telah membelikan makanan dan sebagainya yang jauh melebihi jumlah tersebut.

Hal seperti ini jika sekilas dilihat mungkin benar-benar merugikan Anda. Tetapi jika Anda memikirkannya baik-baik, ini dapat membantu kesuksesan Anda, bayangkan bahwa Anda mengenal orang-orang ternama atau telah berhasil di bidangnya. Apalagi kalau orang itu senang dengan Anda, ke depannya, mungkin ia membutuhkan bantuan Anda atau memperkenalkan Anda ke lingkungan sosialnya yang tentu berbeda dari Anda. Setidaknya, Anda dapat meminta pendapat dari dia jika Anda membutuhkan bantuan. Ingatlah dalam sebuah karir, koneksi atau jaringan sosial Anda dapat menentukan kesuksesan Anda.

ANDA LEBIH DIKENAL

Banyak orang-orang yang sukses di bidangnya memulai karir mereka seperti kasus ini, kita ambil contoh seorang web desainer: si A diminta mendesain sebuah website akademik atau sebuah organisasi secara gratis, si A menerimanya. Beberapa bulan berikutnya, orang yang sama memperkenalkan seorang klien ke si A untuk membuat websitenya karena melihat desain website yang sebelumnya cukup memuaskan. Lalu beberapa bulan berikutnya juga, orang-orang melihat nama si A di website yang sebelumnya dibuat secara gratis itu dan banyak orang merasa websitenya bagus lalu menghubungi si A untuk sebuah proyek website.

Hal seperti ini sangatlah sering terjadi di dunia kerja. Setidaknya jika hal seperti di atas tidak terjadi, orang yang sebelumnya meminta Anda mendesain website ini pada tahun depan kemungkinan besar akan kembali ke Anda. Anda-pun memiliki sebuah bukti nyata akan hasil kerja Anda yang mungkin diakses oleh banyak orang. Ingatlah bahwa salah satu Anda disebut orang sukses adalah karena banyak orang mengenal nama Anda.

ANDA DAPAT MELAKUKAN PEKERJAAN YANG ANDA SUKAI

Jika Anda ahli dalam sesuatu, kemungkinan besar penyebabnya adalah karena Anda suka dengan apa yang Anda lakukan. Banyak orang memiliki impian untuk melakukan pekerjaan yang disukainya sebagai pekerjaan utamanya, tetapi tidak semua orang seberuntung itu. Contohnya kita ambil seorang penulis, ia harus menjalani pekerjaan sebagai finance atau akuntan karena sedikitnya peluang pekerjaan, padahal mereka memiliki passion atau menyukai pekerjaan mereka sebelumnya sebagai penulis.

Kalaupun mereka kembali mendalami pekerjaan sebagai penulis, pengalaman mereka  telah kalah dari orang yang telah mendalaminya selama bertahun-tahun. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan pekerjaan secara gratis, selain Anda dapat melakukan pekerjaan yang Anda senangi, Anda juga mendapatkan pengalaman berharga dan bukti nyata dari kerja Anda. Melakukan pekerjaan yang Anda sukai itu sangatlah menyenangkan.

MEMBANTU KESUKSESAN KARIR ANDA

Ini adalah salah satu alasan utama mengapa beberapa orang berani melakukan sebuah pekerjaan secara gratis, yaitu karena pekerjaan itu membantu kesuksesan karirnya. Jika pekerjaan itu memiliki sebuah prospek dimana Anda akan mendapatkan sebuah promosi kerja atau mendapatkan proyek lebih, mengapa tidak melakukannya?

Terlebih jika Anda memiliki sebuah proyek di pikiran Anda, dan Anda yakin bahwa hal itu dapat membuat Anda sukses. Itu adalah alasan utama mengapa orang-orang bisa sukses. Sebagai contoh, jika Mark Zuckerberg tidak membuat Facemash.com bagaimana ia bisa sukses? Jika Larry Page tidak membuat Google bagaimana ia bisa sukses? Jika Bill Gates tidak membuat Microsoft bagaimana ia bisa sukses?

ANDA ADALAH ORANG BAIK

Alasan terakhir yang harus Anda pertimbangkan adalah apakah Anda adalah orang yang baik? Siapa orang yang meminta Anda melakukan pekerjaan itu? Teman atau keluarga Anda? Jika jawabannya ya, maka lakukanlah pekerjaan itu.

Kalaupun ada orang yang mengatakan bahwa “Anda seharusnya tidak melakukan pekerjaan secara gratis.” Anda dapat mengucapkan “Terima kasih” dan kembali bekerja lagi besok, itu karena Anda itu luar biasa dan dunia membutuhkan banyak orang seperti Anda.

Jika Anda adalah seorang freelancer, ini harus benar-benar Anda pertimbangkan. Karena tidak semuanya itu selalu tentang uang dan status pekerjaan Anda freelancer membuktikan memang terkadang Anda harus bekerja gratis. Situs web berikut ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan apakah Anda harus bekerja gratis? 

KAPAN TIDAK KERJA SECARA GRATIS

Alasan-alasan di atas memang sangat mendukung Anda untuk bekerja secara gratis, tapi kapan saat yang tepat untuk Anda menolak orang yang meminta Anda melakukan pekerjaan secara gratis? Berikut alasan dan saatnya.

TAGIHAN DAN KEBUTUHAN DASAR

Melakukan pekerjaan secara gratis memang dapat memberikan Anda hal-hal yang positif. Tapi tidak semua dari kita adalah orang yang bekelebihan. Pada saat kita menerima pekerjaan gratis, kita tidak dibayar untuk kebutuhan yang kita perlukan seperti makanan, minuman, listrik dan tagihan lainnya. Sebelum Anda menerima pekerjaan gratis, Anda harus mempertimbangkan hal di atas dan juga hal ini, karena tidak semua orang dapat memberikan Anda peluang pengembangan karir yang lebih baik.

HARGA DIRI

Beberapa klien akan berpikir bahwa Anda bekerja secara gratis karena Anda memang membutuhkan pekerjaan ini dan kualitas kerja Anda harus dipertanyakan, karena tidak semua orang ‘membagi-bagikan emas di jalanan’. Orang tentu akan menganggap Anda lebih profesional jika mereka membayar uang dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, beberapa klien mungkin akan merendahkan Anda dan tidak menghargai Anda. Jika hal ini terjadi, tolaklah pekerjaan tersebut seberapa besarpun kemungkinan peluang karir yang ditawarkan. Karena jika harga diri Anda sudah diinjak-injak maka orang tersebut tidak akan pernah menghargai Anda.

TERIKAT

Pada saat Anda menerima pekerjaan gratis, itu berarti Anda terikat dengan klien Anda dan Anda tentu tidak memiliki kontrak kerja yang tertulis dan formal. Oleh karena itu, jika ada masalah klien itu akan selalu mencari Anda setiap waktu. Anda harus memberikan batasan atas hal ini, karena jika tiba-tiba Anda menolak melakukan hal yang diminta, Anda akan dianggap tidak profesional. Anda dapat melakukan ini dengan memindahkan tanggung jawab atau membicarakan dengan baik ke klien Anda ini apakah Anda akan terikat secara terus menerus atau Anda hanya sebatas melakukan pekerjaan ini sampai selesai. Jika orang tersebut tidak ingin tahu, maka tolaklah.

Alasan lain dan yang sudah pasti adalah beberapa klien mungkin akan memanfaatkan Anda untuk mendapatkan pengeluaran paling kecil. Oleh karena itu Anda harus mempertimbangkan semua kemungkinan yang telah disebutkan di atas.

email:marketing@outboundmalang.com

web : www.outboundmalang.com

www.facebook.com/outbound.malang

Kepuasan anda adalah Harapan Kami……

Anda juga bisa mengunjungi kami di :

www.outboundgames.com

www.wisataoutboundanak.com

www.kasembon-rafting.com

www.outboundkita.com

www.raftingbatu.com

www.kasembonrafting.com

www.alatoutbound.com

www.flyingfoxindonesia.com

www.theexploreindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*