Desa Sidomulyo Batu Malang

Salah satu wisata di Malang Desa Sidomulyo ditetapkan menjadi desa wisata bunga sejak peralihan pemerintahan daerah Batu menjadi Pemerintahan Kota Batu. Pengunjung dapat berbelanja bunga pada Pasar bunga di stan atau bisa juga langsung datang ke petani bunga. Pasar ini terletak antara Desa Sidomulyo dan Sumberejo.
Luas desa sekitar ± 270 Ha yang digunakan untuk penggunaan lahan pertanian dan permukiman. Hampir 90 % penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Dan ± 85% dari penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani, memilih bertani bunga.

Fasilitas :

* Pasar bunga di stan atau langsung ke petani bunga

Berwisata ke desa Sidomulyo agaknya sesuai khususnya bagi Anda pecinta bunga. Anda bisa menyaksikan tanaman mawar yang tumbuh di sepanjang desa yang bisa Anda petik tanpa perlu membayar, kecuali apabila Anda berminat untuk membeli.

Bunga-bunga yang dijual di pasar bunga “Sekar Mulyo” yang terdiri dari 13 stan etalase harganya sangat murah. Satu tanaman bunga dalam polybag dapat dibeli dengan harga sekitar Rp 200,- hingga Rp 1.000,-. Harga ditentukan dari jenis bunganya. Deretan jenis bunga yang dibudidayakan petani di antaranya, mawar, krissan, agape, bambu air, lavender, wali songo, ceplok piring, cemara, beringin putih, sakura, anggrek, dan nusa indah.

Fasilitas yang tersedia  di antaranya adalah pemandu. Petani-petani bunga di sini akan dengan senang hati tanpa meminta upah, memandu para wisatawan yang berkunjung, dan umumnya mereka sangat hafal jenis bunga dan lahan mana saja yang ditanami bunga sesuai jenis yang ingin dikunjungi pengunjung.

Fasilitas lain yang tersedia yakni etalase bunga. Untuk mengetahui jenis bunga apa saja yang ada di Sidomulyo, Anda cukup datang ke Sub Terminal Agribisnis (STA) yang ada di desa itu. Di STA, sudah tersedia contoh aneka jenis bunga yang ditanami oleh para petani desa.

Bukan hanya wisata dan pasar bunga saja yang ditawarkan oleh desa Sidomulyo ini, tetapi pembelajaran tentang budidaya bunga juga akan didapatkan dari para petani bunga di sini. Sudah ratusan siswa sekolah dan masyarakat umum belajar cara menanam bunga, terutama mawar.

Lokasi desa Sidomulyo Batu Malang

Lihat Peta Lebih Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*